Trik Membasmi Tikus Rumah

Trik Membasmi Tikus Rumah

Cara-Membasmi-Tikus-Rumah

Ada istilah Tak kenal maka tak sayang, tapi berbeda dengan kasus yang satu ini tak kenal maka tak bisa dibasmi. Kenali hewan ini , si tikus pengganggu rumah Anda lebih dalam dan basmi dalam sekejab setelah Anda tahu kelemahannya. Tikus rumah disebut sebagai Mus domesticus bukan karena tanpa alasan. Meskipun dapat bertahan hidup di luar ruangan, ia lebih suka jika ada atap yang menaunginya terutama ketika cuaca sedang dingin. Setelah masuk, tikus akan lebih ingin tahu area sekitar tempat tinggalnya. Caranya adalah dengan menjelajah di saat malam hari. Telinga besar, cakar kecil, dan kumis panjang mengingatkan kita akan film kartun ratatouile yang lucu, tapi jangan terlalu cepat jatuh cinta! Karena tikus rumah bisa menyebarkan virus salmonella karena meraka bisa lari dengan cepat, mengunyah kabel listrik, dan membuat Anda terjaga di malam hari karena kehidupan meraka yang dimulai di malam hari.

Mereka merupakan tipe rumahan

Tikus rumah meskipun bisa menjelajah sampai jarak lebih dari 22 meter dari sarangnya, mereka lebih memilih untuk berkeliling tak lebih dari 10 meter dari sarangnya. Mereka cenderung pergi lebih jauh ketika merasa terancam atau sarang mereka diganggu.

Mereka suka makan

Tikus dulu memakan biji-bijian, tetapi sekarang mereka senang dengan apa saja yang Anda miliki. Tak hanya makan terus menerus, meraka juga membutuhkan air untuk bertahan hidup

Mereka memiliki otot

Tikus bisa memanjat, melompat, berenang, masuk melalui celah-celah kecil dan lubang, dan bertahan lama meskipun jatuh. Mereka suka mengunyah kayu, plastik, dan memiliki alarm kumis untuk navigasi, bersama dengan memori otot mengesankan. Mereka tahu jalur tercepat untuk masuk ke dapur Anda. Percayalah!

Mereka poligami

Tikus menggunakan hidung mereka untuk mencium feromon dan menentukan umur dan jenis kelamin dari kemungkinan pasangan. Laki-laki yang lebih dominan untuk ber reproduksi lebih awal dan sering, tikus betina dapat menghasilkan 6 atau lebih bayi tikus setiap beberapa bulan. Tapi jangka waktu hidupnya pendek hanya 18 bulan

Love hate relationship dengan kucing

Kucing suka tikus, tapi kucing makan dan tidur siang cukup panjang. Ketika tikus melihat waktu yang tepat, ia akan menyelinap menghindari kucing dan mengambil makanan Anda.

Setelah kita mengenal karakteristik hewan ini , kita juga harus tahu cara membasmi nya. agar rumah kita terhindar dari virus sallmonela yang di bawa hewan pengerat ini .Sejumlah cara dilakukan supaya dapat menghilangkannya. Upaya memberantas tikus yang dapat dilakukan sangat beragam yaitu bisa dengan menggunakan alat pengusir tikus semisal racun, lem tikus, ataupun dengan cara alami.

Namun tak seluruh orang melakukan cara tersebut, terlebih apabila memakai racun tikus, masalah yang dihadapi ialah sewaktu tikus sudah memakan racun tersebut maka tikus akan mati di area yang sulit sehingga menimbulkan bau bangkai dan jika memakai lem tikus maka masalah yang dihadapi ialah mesti membuangnya, tentunya hal tersebut sangatlah menjijikkan. Berikut ini sejumlah cara mambasmi tikus atau mengusir tikus dirumah yang terbukti ampuh.
Cara Membasmi Tikus Di Rumah, Praktis, Alami dan Terbukti Ampuh

basmi

Solusi Mengatasi Tikus

  • Tutup semua bukaan

Periksa dan tutup semua bukaan, celah, lubang, yang lebih dari 0.5 cm dan lebih. Hal ini berlaku untuk lubang di eksterior dan interior rumah. Periksa juga celah di sekitar pipa dan garis utility Anda, tutup dengan silikon atau polyurethane sealant yang bisa membentang mengikuti perubahan suhu. Isi lubang yang besar dengan coarse steel wool atau fine metal mesh dan sealant yang fleksibel. Tutupi exhaust fan dengan kasa nyamuk, periksa dengan cermat agar semua celah yang memungkinkan tertutup.

  • Set perangkap

cari tahu di mana sarang mereka, Gunakan senter untuk melacak kotoran atau debui lantai dengan bedak untuk mencari jejak kakinya. Set 2 perangkap bersamaan, indera tikus untuk mencium bahaya sangat kuat jadi hal yang mungkin terjadi adalah mereka berhenti ketika merasakan bahaya kemudian melompati jebakan pertama dan mendarat di jebakan ke dua. Letakkan ujung umpan di ujung bagian paling dalam. Tikus sangat tertarik pada daging, selai kacang, cokelat, dan kapas yang sangat nyaman untuk tempat tidur mereka.

  • Tempatkan makanan beracun

Caranya adalah dengan menempatkan jebakan di area tikus biasa mencuri makanan Anda. Tapi ingat untuk selalu menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan Anda. Lebih jitu lagi jika Anda menempatkan makanan yang dicampur racun tikus di atas lem tikus. Sehingga tikus tak sempat bergerak lagi dan racun makanan Anda tak berceceran di lantai rumah.

  • Bersih-bersih rumah

Gunakan sarung tangan karet ketika membuang penangkap tikus Anda, gunakan juga disinfektan untuk daerah yang tercemari oleh tikus. Gunakan campuran sabun pemutih dan air. Jika cara-cara di atas masih belum bisa membasmi tikus di rumah Anda, coba pertimbangkan untuk menggunakan jasa pembasmi tikus sehingga rumah bebas dari ancaman si kecil yang menjengkelkan.

  • Memelihara Jangkrik.

Mengusir tikus bisa dilakukan dengan cara memelihara hewan jangkrik, hewan ini terbukti ampuh mengusir tikus namun jangan jangkrik yang mengeluarkan suara nyaring, sebaiknya peliharalah jangkrik dengan suara tak nyaring serta jangkrik aduan. Suara yang dikeluarkan oleh jangkrik akan mengganggu pendengaran tikus, sebab tikus tak menyukai area yang ramai serta kebisingan. Taruhlah hewan jangkrik di area yang kerap di lalui atau di datangi tikus.

  • Daun mint

Tidak hanya memiliki segudang manfaat terhadap kesehatan tubuh saja, daun mint ini menjadi salah satu tanaman pengusir tikus, sebab tikus amat tidak menyukai aroma daun mint.
Belilah 1 atau 2 ikat daun mint, setelah itu ambilah sarinya serta larutkan ke dalam air. Apabila sudah larut semprotkanlah larutan tersebut ke area yang sering didatangi ataupun dilalui tikus. Sehingga tikus akan menghindari tempat yang diberi larutan mint tersebut, sangat disarankan untuk menanam pohon mint pada pot di sekitar rumah sebab lebih hemat.

  • Menggunakan Kapur Barus.

Tikus sangat tidak menggemari bau-bauan harum yang sangat menyengat semisal kapur barus. Dari hal tersebut kita bisa memanfaatkannya untuk mengusir kawanan tikus tersebut yaitu dengan cara menggunakan kapur barus. Caranya sangat mudah hanya dengan menaruh kapur barus di tempat yang kerap dilalui ataupun didatangi tikus. Dengan demikian hewan menjengkelkan tersebut akan merasa terganggu serta akan memilih pindah.

  • Soda Pop (Bom Soda).

Sebuah studi menuturkan bahwa tikus tak bisa bersendawa atau mengeluarkan sejumlah gas yang berada di dalam tubuhnya. Maka dari itulah bubuk atau cairan baking soda bisa dijadikan bahan untuk mengusir tikus.
Caranya sangat mudah hanya dengan menaruh ataupun mencampurkan baking soda ke makanan yang digemari tikus. Bayangkan, apabila makanan yang telah diberi baking soda dimakan oleh tikus, serta tak bisa mengeluarkan sejumlah gas yang berasal dari reaksi cairan soda dengan asam. Perutnya akan kembung.

  • Menggunakan Kulit Durian.

Buah ini sangat digemari, sebab tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, buah ini pun bisa digunakan untuk mengusir tikus. Bagian buah durian yang dapat dipergunakan untuk membasmi tikus ialah bagian kulitnya. Potonglah kulit buah durian dan taruhlah di daerah yang kerap dilalui tikus. Duri tajam serta aromanya yang menyengat akan mengusir tikus.

  • Saus Cabai, Air serta Deterjen Pakaian.

Cara selanjutnya yaitu dengan cara mencampurkan saus cabai yang paling pedas dengan deterjen, dan larutkan ke dalam air. Taruhlah hasil campuran tersebut ke dalam botol spray. Cairan tersebut mesti selalu siap di tangan anda, ketika tikus muncul, maka semprotkanlah dengan cairan tersebut. Maka tikus akan merasa Abas. Berhati-hatilah dalam memakai serta menyimpan cairan tersebut sebab sangat berbahaya terlebih jika mengenai mata.

  • Menggunakan Buah Mengkudu.

Apabila mempunyai buah mengkudu, maka anda bisa menggunakannya untuk mengusir tikus. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan menghancurkan serta mencampurkannya dengan air kemudian di siramkan ke daerah yang kerap dilewati tikus. Cara seperti ini sangatlah cocok untuk diterapkan dalam mengusir tikus di sawah ataupun di gudang.

  • Memelihara Kucing.

Tentunya kita semua sudah tahun bahwa musuh dari tikus ialah kucing seperti pada kartun Tom And Jerry. Dengan memelihara kucing maka kemungkinan besar tempat tinggal anda akan bebas dari tikus. Hanya mendengar suara kucing saja, tikus-tikus akan lari ketakutan. Peliharalah kucing, entah itu kucing jantan ataupun kucing betina, sebab tikus akan ketakutan untuk memasuki rumah apabila di dalam rumah tersebut terdapat kucing di mana bisa saja kucing tersebut memangsanya.

  • Menangkap Satu Tikus serta Mewarnainya.

Cara yang satu ini cukup unik, yakni dengan cara memanfaatkan tikus tersebut. Jika anda tak merasa jijik, tangkaplah salah satu tikus serta lumurilah tikus tersebut dengan cat warna cerah semisal Orange, biru atau merah. Apabila sudah selesai diberi warna, setelah itu lepaskanlah tikus sesudah warna yang diberikan kering. Sewaktu tikus tersebut kembali ke asalnya atau kelompoknya maka yang terjadi adalah kelompok tikus tersebut akan merasa takut serta tercerai berai.

Supaya rumah benar-benar terbebas dari tikus, membasminya saja tidaklah cukup. Anda pun harus melakukan pencegahan supaya tikus-tikus tersebut tidak kembali lagi ke rumah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: