Tips Rumah Huni Sejuk Tanpa AC Di Perkotaan

Tips Rumah Huni Sejuk Tanpa AC Di Perkotaan

Tips-Rumah-Huni-Sejuk-Tanpa-AC01

Di Perkotaan yang konstan selalu diliputi asap polusi dan udara yang panas, rasanya tak mungkin jika tak menggunakan AC untuk menyejukkan ruangan. Rumah yang sejuk dan nyaman jauh dari hawa panas merupakan impian dari penduduk peryang cuackotaan dan udaranya sangat panas. Bagaimana caranya mengatasi udara panas dalam rumah jika tidak menggunakan AC? Kami punya sedikit tips dan trik arsitektur rumah huni yang bisa Anda terapkan dalam hunian Anda untuk mendapatkan hunian yang sejuk tanpa bantuan AC!

Tips-Rumah-Huni-Sejuk-Tanpa-AC01b

1. Atur sirkulasi udara dalam rumah dengan membuat banyak bukaan seperti jendela dengan sistem cross ventilation. Jendela atau bukaan dalam rumah yang saling berhadapan jadi udara bisa mengalir keluar dan masuk secara bersilangan. Ini adalah salah satu trik termudah yang bisa dilakukan dalam rumah huni Anda.

Tips-Rumah-Huni-Sejuk-Tanpa-AC02

2. Ketinggian plafon yang diatur setinggi mungkin. Buat level plafond dalam hunian Anda sejauh mungkin dari ruangan sehingga tercipta cukup banyak runagan untuk perputaran udara. Biasanya untuk rumah modern dibuat plafond dengan ketinggian ganda, selain untuk memperlancar sirkulasi udara, plafond yang tinggi bisa menciptakan ilusi ruangan yang luas dan tinggi sehingga hunian terlihat lebih lapang.

Tips-Rumah-Huni-Sejuk-Tanpa-AC03

3. Minimalkan cahaya matahari yang masuk dalam rumah. Cahaya matahari alami memang sangat diperlukan dalam ruangan, selain menciptakan suasana yang hangat, sinar matahari alami juga bisa membuat Anda menghemat listrik pada siang hari. Tapi kekurangannya, sinar matahari langsung meningkatkan suhu udara dalam ruangan. Anda bisa mengakalinya dengan penggunaan blind, window shade, gorden, dan vitrase. Sinar matahari tetap bisa masuk dalam ruangan tapi terhindar dari kontak langsung dalam ruangan.

Tips-Rumah-Huni-Sejuk-Tanpa-AC05

4. Pilih material atap yang memantulkan panas matahari. Banyak material atap yang dijual di pasaran bisa digunakan untuk memantulkan panas matahari. Gunakan juga peredam panas pada atap bangunan. Peredam panas ini digunakan untuk menyerap panas yang masih lolos masuk ke bagian bawah atap. Anda bisa menggunakan material glasswoll alluminium foil yang mudah ditemukan di toko bahan bangunan. Jika memungkinkan buat juga ruangan antara genting dan plafond. Jangan buat ruangan yang terlalu rapat dengan genting karena akan membuat panas mengendap di dalam ruangan atap.

Tips-Rumah-Huni-Sejuk-Tanpa-AC06

5. Perbanyak fitur hijau dan air dalam hunian. Jika lahan hunian Anda masih mencukupi tambahkan taman hijau dan fitur air seperti kolam kecil atau kolam ikan. Secara psikologis, pohon dan kolam membuat perasaan yang nyaman dan asri sehingga hunian juga tampil lebih sejuk.

Terimakasih Telah Membaca Artikel Tips Rumah Huni Sejuk Tanpa AC Di Perkotaan

Kami berharap Anda mendapatkan inspirasi yang penuh imajinasi setelah Anda membaca artikel Tips Rumah Huni Sejuk Tanpa AC Di Perkotaan dari kami. Mohon berikan like, tweet, atau google plus agar orang-orang disekitar Anda mendapatkan suntikan inspirasi dan memberikan kami semangat lebih untuk lebih sering berbagi inspirasi terbaru. Dan Kami dari www.kusumaproperty.com siap membantu mewujudkan rumah impian Anda! Percayakan solusi rumah Anda pada produk dari kami. Developer kusuma property menyediakan huniaan siap pakai ataupun custumize sesuai keingginan anda . kami tersedia untuk wilayah semarang ( untuk saat ini ) . Hubungi kami di sini sekarang!

Jangan lupa baca artikel lain dari kami. ya !!!!!

sumber : desaininterior.me

Leave a Reply

%d bloggers like this: