Tips Memaksimalkan Ruangan Menjadi Tempat Penyimpanan Barang

Terkadang  sebuah rumah besar bisa kekurangan rak, lemari, atau tempat penyimpanan barang. Akibatnya, si pemilik rumah berada pada situasi di mana lemari penyimpanan terisi penuh dengan barang-barang, padahal mereka masih membutuhkan ruang penyimpanan barang yang lebih banyak. Apabila ruang bagian dalam rumah anda sudah terisi penuh dengan berbagai perabotan dan barang-barang rumah lainnya, dan anda masih membutuhkan tempat untuk menyimpan barang seperti sepatu, pakaian, dan lain sebagainya, mungkin solusi berikut ini bisa menjadi pertimbangan.

  1. Menyimpan Sepatu Di Rak Gantung

Sepatu atau sandal yang tergeletak dan berserakan di lantai tentunya tidak sedap untuk dipandang. Selain itu juga akan membuat sepatu lebih cepat rusak. Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu sebuah rak penyimpanan sepatu. Namun demikian, seperti yang telah dijelaskan bahwa kondisi interior rumah anda sudah tidak mungkin lagi untuk ditambahkan sebuah rak atau lemari penyimpanan. Salah satu solusi mengenai hal ini adalah dengan memanfaatkan bagian belakang pintu menjadi sebuah rak sepatu gantung. Anda bisa membeli rak gantung sepatu di toko-toko. Biasanya rak gantung ini berbahan polyester dan katun.

Rak gantung

Rak gantung

2. Memaksimalkan Sudut Sempit

Jika bagian dalam rumah anda terdapat sudut atau ruangan sempit yang umumnya ada di sekitar jendela-jendela rumah, maka ruangan tersebut bisa juga anda manfaatkan sebagai tempat menyimpan barang. Anda bisa menambahkan sebuah perabotan multifungsi seperti sofa atau kursi yang dibawahnya bisa dimanfaatkan sebagai laci atau lemari kecil untuk menyimpan barang-barang anda.

manfaat sudut ruangan

manfaat sudut ruangan

3. Memaksimalkan Ruang Kosong Menjadi Rak Buku

Alih-alih menyimpan buku dalam lemari, lebih baik anda menyusunnya pada sebuah rak buku. Salah satu hal terbaik dari rak buku adalah tidak memakan banyak tempat. Anda bisa memanfaatkan ruangan minimalis rumah anda menjadi sebuah rak buku yang bersandar pada dinding salah satu ruangan. Rak buku juga cocok dijadikan sebuah pemisah antar ruangan. Rak tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang lainnya, dan tidak harus buku sepenuhnya.

rak buku

rak buku

4. Memaksimalkan Ruangan Di Bawah Tangga

Hal ini sudah menjadi salah satu solusi yang populer sejak jaman dulu. Memanfaatkan ruangan di area bawah tangga menjadi tempat penyimpanan barang merupakan solusi yang cerdik dan praktis. Anda bisa membuatnya menjadi lemari atau rak penyimpanan barang.

Bawah tanggapun bisa dimanfaatkan

Bawah tanggapun bisa dimanfaatkan

lemari bawah tangga

lemari bawah tangga

5. Memaksimalkan Dinding Untuk Televisi

Biasanya sebuah televisi berdiri di atas sebuah meja atau lemari. Jika ruangan interior rumah anda ingin tampak luas dan lapang, anda bisa menempatkan televisi anda tanpa adanya perabotan-perabotan tersebut. Sebagai gantinya anda bisa menempatkan televisi (LCD) anda pada dinding sehingga tampak menggantung. Selain praktis, hal ini akan membuat ruangan terlihat lebih rapi, minimalis, dan lapang.

Salah satu cara ntuk menghemat tepat

Salah satu cara ntuk menghemat tempat

6. Memaksimalkan Ruangan Di Bawah Tempat Tidur

Kebanyakan tempat tidur saat ini datang dengan laci penyimpanan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat dan bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang termasuk pakaian sekalipun. Namun jika tempat tidur anda masih konvensional yang masih terdapat kolong, anda bisa menambahkan tempat penyimpanan barang di bawah tempat tidur sesuai dengan keinginan anda sendiri.

lemari bawah tempat tidur

lemari bawah tempat tidur

kamar minimalis

kamar minimalis

Sumber: desainrumah99

Leave a Reply

%d bloggers like this: