FANTASTIC !! FAIRY GARDEN COCOK UNTUK HUNIAN

FANTASTIC !! FAIRY GARDEN COCOK UNTUK HUNIAN

Garden atau lebih dikenal dengan taman merupakan sebuah tempat yang terencana atau sengaja di rencanakan dan dibuat oleh manusia, biasanya taman berada di luar ruangan. Taman dibuat dengan tujuan untuk menampilkan keindahan dari berbagai tanaman, sumber udara alami dan untuk penghijauan bumi ini. Bukan hanya itu ,taman juga dapat di bagi dalam 2 kategori yaitu taman alami dan taman buatan.

Untuk saat ini banyak sekali fariasi desain taman yanag bisa anda jadikan sebagai referensi mulai dari taman jepang, taman mediterania, vertikal garden bahkan fairy garden untuk mendesain taman anda. Taman pula bisa diaplikasikan untuk hunian yang memiliki luasan kecil , besar bahkan yang tak punya sisa lahan sekali pun. Jika anda termasuk orang yang tak memiliki sisa tanah untuk dijadikan sebagai taman , jangan khawatir karena saya memiliki solusinya untuk anda yaitu dengan pengaplikasian Fairy Garden Untuk Hunian Minimalis Anda .

fairy g

Apa itu Fairy Garden? fairy garden adalah taman miniatur yang dibuat pada medium berukuran  kecil [bisa menggunakan tempat mandi burung, mangkuk plastik, atau pot khusus] dan dilengkapi berbagai aksesoris pendukung. Fairy garden secara umum dibagi dalam dua type yaitu langsung di atas permukaan tanah ( outdoor fairy garden) dan menggunakan kontainer (container fairy garden).

Type pertama secara otomatis merupakan outdoor fairy garden. Jenis ini seringkali ditempatkan di sekitar pohon, di bawah semak, disamping bonggol pohon yang tidak dicabut. Pemilihan lokasi tersebut didasarkan pada bagian dongeng yang mengisahkan bahwa peri-peri tersebut tidak merasa nyaman berada langsung di bawah matahari dan tempat terbuka.

IMG_0533

Type kedua – container fairy garden – dapat ditempatkan dalam ruang maupun luar ruang. Kontainer dapat berupa kotak yang diberi kaki, kotak yang dipasang di kusen cendela, dalam pot, atau setengah bagian drum [non logam], atau mungkin kontainer apapun yang dipandang cocok untuk dipindah ke luar dan dalam ruang. Namun demikian apa yang membuat fairy garden menjadi sebuah taman tentu saja adalah tanamannya sendiri.

broken-pot-fairy-garden

Pilihan tanaman terbaik untuk mengkreasikan sebuah fairy garden tentu saja adalah tanaman berbentuk mini atau bonsai , utamanya adalah tumbuhan yang berdaun kecil. Untuk memperoleh tanaman yang pas ketika hendak plant shopping ke pasar bunga atau nursery,lebih baik  cari penjual yang secara khusus menjual tanaman groundcover. Istilah groundcover mengacu pada sifat tanaman yang tumbuh menyebar [pertumbuhan horisontal] sehingga terkesan menutup tanah, contohnya adalah jenis sedum, mondo grass, baby tears, dan sejenisnya.

fg

Alternatif berikutnya dapat dipilih jenis tanaman herbal seperti thyme, oregano, basil, lavender, dan rosemary. Kedua jenis tanaman tersebut [groundcover dan herbal] memiliki ciri-ciri ideal sebagai tanaman evergreen mini. Pilihan berikutnya dapat diarahkan ke jenis tanaman succulent [batang berair] seperti sempervivum, aloe kerdil, kalanchoe, echeveria, bahkan jenis palem tumbuh lambat yang masih muda. Conifer dan boxwood kerdil juga merupakan pilihan yang baik.

IMG_0537

Sama halnya dengan kegiatan berkebun apapun, pilih tanaman yang tepat dan sesuai dengan media. Utamakan memilih species yang cocok ditempatkan di lingkungan teduh untuk fairy garden bertipe outdoor dan tanaman yang mampu tumbuh dengan sinar yang terbatas dan udara yang kering untuk jenis indoor. Kegiatan pemotongan berkala snipping atau prunning mungkin selalu dibutuhkan untuk menjaga agar tanaman tetap dalam ukuran mini , seperti kegiatan membonsai.

Seperti halnya tanaman umumnya , tanaman untuk fairy garden [terutama untuk tipe dalam kontainer] membutuhkan air dan pupuk secara rutin. Jenis pupuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Jika tanaman kemudian tumbuh terlalu besar sehingg tidak lagi berkesan “fairy” meskipun telah dilakukan snipping/prunning, sebaiknya pindahkan ke tempat lain dan ganti dengan tanaman baru [dari jenis sama yang masih muda] atau diganti dengan tanaman lain.

6-396

0-364

4-691

fairy garden

3-708

Leave a Reply

%d bloggers like this: