Desain Parket Kayu Solid Lebih Kokoh dan Tahan Lama

Desain Parket Kayu Solid Lebih Kokoh dan Tahan Lama

lantaikp

Di Indonesia, ada dua macam kayu untuk parket, yakni kayu solid dan kayu olahan atau hasil rekayasa (engineer). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. kayu solid merupakan kayu utuh dari atas sampai bawa dengan ketebalan sekitar 15 milimeter. Kayu yang biasa digunakan dan paling diburu adalah Jati, Merbau, Kempas, Sonokeling.

lantai-kayu

Kelebihan kayu solid, yakni bisa diberi pelapis (finishing) berulang kali bahkan sampai 6 kali. Setiap kali finishing, kayu solid akan berkurang satu milimeter. Sehingga dalam lima kali finishing, maka terkelupas lima milimeter.

lanp1

Meski demikian, umur solid cukup panjang jika dipakai di rumah. Ini lantaran kegiatan orang berlalu lalang di rumah tidak banyak. Penghuni pun cenderung lebih apik menggunakannya. Kayu solid juga lebih kokoh dan tahan dengan beban yang berat.

lantaikp1

lantai kayu

Namun begitu, kayu jenis ini memiliki kekurangan. kekurangan kayu solid adalah tidak bisa dipasang pada lantai bawah tanah. Lantai ini memiliki kelembaban yang lebih tinggi dibandingkan lantai dasar, sehingga bisa mengakibatkan pembengkakan kayu .

lantaikp2

Sementara itu, kayu olahan bisa menutupi kekurangan kayu solid. Kayu olahan tidak sepenuh solid dan hanya dilapis pada bagian atasnya saja. Kayu ini juga lebih stabil sehingga bisa diletakkan di lantai manapun. Harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan kayu solid.

Kekurangannya, kayu ini tidak sekokoh solid yang lebih tebal. Parket engineer hanya memiliki ketebalan sekitar 3 milimeter. Sehingga, hanya bisa di-finishing maksimal dua kali.

#interior #desain #kusumaproperty #arsitektur  #parket

Leave a Reply

%d bloggers like this: