Bank BTN Salurkan KPR Hampir Rp113 Triliun

Bank BTN Salurkan KPR Hampir Rp113 Triliun

Jakarta – Bank BTN menjadi pilar utama dalam pembiayaan perumahan. Hingga semester pertama 2015 bank focus perumahan ini sudah menyalurkan KPR sebesar R112,9 triliun, sekitar 89,5 persen dari total kredit sebesar Rp126,1 triliun. Dari KPR sebesar itu  30,1 persen atau sebesar Rp38 triliun disalurkan untuk KPR rumah bersubsidi dan Rp49,7 triliun (39,4 persen) untuk rumah non subsidi.

BTN

Ilustrasi

“Sisanya disalurkan untuk pembiayaan terkait perumahan sebesar Rp8,7 triliun dan kredit konstruksi sebesar Rp16,4 triliun. Porsi pembiayaan untuk non perumahan hanya sebesar 10,4 persen atau Rp13,2 triliun,” ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono di Jakarta, pekan lalu.

Maryono menyebutkan dengan kinerja seperti itu Bank BTN masih menguasai pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dengan porsi 28,4 persen. Bebebara bank penyalur KPR lainnya, misalnya Bank BCA menguasai pangsa pasar sebesar 17 persen, Bank BNI 10,3 persen, Bank Mandiri 9,2 persen, Bank BRI 4,6 persen, Bank Niaga 7 persen, sisanya 23,6 persen dikuasai oleh bank-bank lain.

Sementara untuk porsi pembiayaan rumah subsidi Bank BTN menguasai pangsa pasar lebih dari 98 persen. Menurut Maryono, semua bank diberikan kesempatan yang sama oleh pemerintah untuk terlibat di pembiayaan rumah bersubsidi. Sejumlah bank juga juga sudah meneken MOU dan menyatakan komitmennya. Namun hanya Bank BTN benar-benar serius menyalurkan pembiayaan rumah rakyat. Maryono kembali menegaskan komitmennya untuk mendukung penuh program pembangunan satu juta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Sejak program sejuta rumah diluncurkan akhir April 2015, Bank BTN sudah berkomitmen terhadap program ini karena kami melihat program ini dapat mempercepat penyelesaian backlog perumahan selain memiliki multiplier effect yang positif terhadap industri properti,” imbuhnya.

Sumber: http://propertidata.com/

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: