Arsitektur Rumah Tropis di Miramar , Portugal

Arsitektur Rumah Tropis di Miramar , Portugal

Desain rumah ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Namun meski begitu, rumahnya tampak benar – benar mewah dan bisa dibilang juga unik. Terutama jika dilihat dari sisi luar. Sementara untuk sisi dalamnya sendiri sangat luar dengan beberapa lantai terdapat di dalam rumah. Arsitektur Desain Rumah Futuristik Untuk Daerah Tropis di Indonesia 2

Yang menariknya, di bagian atap rumah terdapat sebuah taman dengan rerumputan hijau yang menjadi tempat yang tepat untuk bersantai di malam hari. Atau sekedar berkumpul bersama keluarga sambil barbekiu untuk menghangatkan suasana antara anda dan keluarga. Di bagian sisi – sisi atap sudah ditempatkan pagar kaca untuk keamanan namun tetap tidak menghalangi pemandangan luar
 Arsitektur Desain Rumah Futuristik Untuk Daerah Tropis di Indonesia 1
Rumah ini sendiri sebenarnya berlokasi di Miramar, Portugal. Sebuah perusahaan arsitektur bernama e|348 architects merancang sebuah rumah yang bisa berinteraksi dengan lingkungannya dengan cara alami dan mengikuti keinginan alam. Para arsitek yang menjadi tim di perusahaan ini untuk mengembangkan desain rumah ini ingin menggabungkan pendingin pasif ke dalam desain rumah, namun mereka tidak ingin fitur ini menjadi jelas atau bisa diprediksi. Mereka menetapkan pada fasad yang unik yang bisa membuka dan menutup melalui perintah untuk mengontrol iklim interior rumah itu.
Arsitektur Desain Rumah Futuristik Untuk Daerah Tropis di Indonesia 3
Rumah ini sendiri diberi nama Screen House, sebuah rumah yang memiliki kisi-kisi kayu yang bisa bergerak di sekitar bagian luar tingkat atas. Kisi-kisi ini terbuat dari kayu strip vertikal yang terbuka. Tujuannya, untuk memungkinkan cahaya alami yang dihasilkan oleh sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah terutama saat dibutuhkan pada siang hari, atau menutup untuk melindungi privasi penghuni rumah. Atau untuk menjaga interior rumah agar tidak terlalu panas saat cuaca sedang sangat panas khususnya jika mulai memasuki musim panas.
Arsitektur Desain Rumah Futuristik Untuk Daerah Tropis di Indonesia 4
Pembuka dan penutup layar kayu juga memungkinkan penghuni rumah untuk terus mendefinisikan kembali ruang hidup. Divisi kamar dan koneksi visual yang bisa diubah hanya dengan melipat kisi-kisi terbuka atau menariknya kembali untuk ditutup. Ruang tamu terus mengarah ke atap rumah, di mana penghalang yang jelas melindungi penghuni rumah dan bidangnya.
Arsitektur Desain Rumah Futuristik Untuk Daerah Tropis di Indonesia 5
Lingkungan balkon semi tertutup dari tingkat atas berubah jauh hanya dengan gerakan layar. Kisi-kisi tertutup memberikan perlindungan terhadap privasi dengan level yang tinggi sementara louver terbuka menciptakan lapangan ruang luar yang dipenuhi oleh cahaya alami .
Arsitektur Desain Rumah Futuristik Untuk Daerah Tropis di Indonesia 4Arsitektur Desain Rumah Futuristik Untuk Daerah Tropis di Indonesia 6
Di dalam rumah Miramar, terdapat tangga lapang, pembagi ruang yang jelas dan jendela yang berlimpah sehingga membuat rumah ini terasa sangat indah bahkan terasa hampir tanpa bobot. Di lantai dasar sendiri salah satu sudut fitur besar pintu kaca geser yang benar-benar membuka rumah. Hampir semua fitur arsitektur rumah itu dimaksudkan untuk mempromosikan pendinginan pasif dan aliran udara di seluruh ruang hidup.
Arsitektur Desain Rumah Futuristik Untuk Daerah Tropis di Indonesia 7
Desain rumah ini memang bisa menginspirasi anda khususnya bagi anda yang tinggal di Indonesia. Mengingat Indonesia adalah negara tropis dengan jumlah sinar matahari yang terus datang setiap tahun. Kita bisa membuat rumah seperti ini untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk ruangan rumah kita, atau menutupnya jika terlalu panas, dan melindungi privasi kita di dalam rumah.
sumber : rumahidaman

Leave a Reply

%d bloggers like this: