Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur

“We see our process architecturally as an under-construction thought or philosophy “ david barragan and Estaban Benavides speaking of their Ecuadorian firm Al Borde .

David barragan dan Estaban Benavides dari perusahaan ekuador  mengatakan bahwa mereka  melihat proses arsitektur sebagai pemikiran bawah konstruksi atau filsafat”. Perusahaan berbasis di kota Quito ini merupakan  perusahaan yang telah berdiri selama sembilan tahun ,dengan angota yang terdiri dari  David, Esteban serta Pascual Gangotena dan Maria Luisa Borja. Arsitektur perusahan ini  menampilkan energi hidup dan rasa ingin tahu (eksploratif) yang memanifestasikan dirinya dalam

berbagai bentuk, dari proyek-proyek yang dibangun untuk workshop, exhibitions, public actions ,bahkan downloadable DIY building instructions .The establishment of a practice yang terus-menerus adalah tindakan teliti yang diambil oleh anggota perusahaan ini untuk menguji  Kemampuan adaptif dan fleksibelitas mereka.

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur1

Dalam sebuah lokakarya berjudul ‘Taller Particular’ (Particular Workshop) yang berusaha untuk membuat program masyarakat dan pembangunan pusat komunitas untuk masyarakat kumuh di Quito, perusahaan ini berkerja sama dengan efforts of a university, mahasiswa arsitektur, seorang antropolog dan anggota komunitas lokal serta diri mereka sendiri . Proyek seperti ini telah diajarkan para anggota Al Borde bahwa kolaborasi jauh lebih berguna dari pada satu set keterampilan khusus atau pengetahuan, “bahwa satu ditambah satu tidaklah dua, tetapi lebih dari dua  karena efek multiplier yang tak terhitung dari kerja sama tim.”Praktek al Borde ini juga di suport oleh antarmuka dan masyarakat sekitar  dengan mengintegrasikan berbagai orang dari berbagai macam pekerjaan dan status sosial dalam setiap langkah proses proyek ini . 

2bcad5b16f66884186525c594afddfb5

Taller Particular, Quito, 2012

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur

Taller Particular, Quito, 2012

Mendengarkan dan belajar dari unsur-unsur konteks yang ada , proyek ini telah mengungkapkan dirinya menjadi alat utama yang diperlukan untuk pendekatan tim . Dikarenakan Kami tidak percaya pada struktur bisnis semacam misi, visi, dan  tujuan, kami melihat bahwa  hal tersebut sangatlah kaku,”. David mengatakan kepada Architizer, kami memiliki struktur kantor tersendiri yang kami dapatkan dari latihan kita di lapangan, tapi pada saat yang sama kita memiliki keterbukaan untuk mengubah segala sesuatu dalam cara yang sangat cepat.

Al Borde didedikasi untuk kelenturan praktek dan sebagai informasi proyek yang telah diterima selama awal  perkembangan perusahaan pada tahun 2009, yang disajikan dengan satu set yang tidak biasa dan dengan kondisi ekstrim. Komisi itu bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sekolah, yang bernama ‘Escuela Nueva Esperanza(New Hope School), di sebuah komunitas pedesaan di kota pantai Cabuyal, Ekuador, yang ada hanya $ 200 untuk melaksanakan proyek tersebut.

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur ( Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2009 )

Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal, 2009

Masyarakat disini tidak menggunakan cara orang-orang dari kota-kota Ekuador dalam kehidupan seperti halnya  tidak menggunakan uang dalam bertransaksi , melainkan menggunakan sistem barter. Dengan cara ini, masyarakat lebih mandiri dalam menikmati hidup dan memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan alam  . Dalam desain sekolah, tim awalnya mempresentasikan ide untuk menggunakan bahan daur ulang, tetapi para pengajar tidak setuju: “bahan daur ulang? Apakah anda tidak waras? Bahan daur ulang merupakan pilihan untuk Anda di kota karena Anda menghasilkan banyak limbah, tetapi di sini , kita tidak menghasilkan limbah. “Karena  kami tidak memiliki pilihan untuk membuang banyak energi dalam hal-hal yang tidak benar-benar diperlukan. “

 Kekurangan sumber daya untuk proyek tersebut memaksa kami untuk lebih mengandalkan  cara – cara masyarakat dalam membangun projek ini , karena itu kami tidak mungkin untuk tidak melakukannya tanpa mereka. Dengan demikian, sekolah dibangun menggunakan kayu, bambu dan jerami dari daerah sekitarnya, bahan masyarakat telah menggunakannya untuk membangun tempat penampungan selama bertahun-tahun. Mereka sangat aktif dalam proses konstruksi, menggunakan metode bangunan yang mereka kenal sejak dulu.

Ketika perusahaan diminta kembali untuk membangun ekstensi ke sekolah pada tahun 2011, ‘Esperanza Dos,’ tim mulai berpikir aktif tentang bagaimana persyaratan proyek dapat secara efektif dimanfaatkan untuk masyarakat. Barragán menjelaskan bahwa, karena mereka mulai berpikir tentang ‘Esperanza Dos’, mereka “bekerja dengan seorang antropolog mengeksplorasi berbagai jenis metodologi partisipasi,” dan mereka memutuskan untuk “melibatkan masyarakat dalam sistem pengambilan keputusan untuk menentukan bagian-bagian tertentu dari ruang. “

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur 1

Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal, 2009

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur.( Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2009 ). jpg

Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal, 2009

Motivasi dan swasembada ditunjukkan oleh masyarakat dari Cabuyal setelah proyek kedua , pada projek ketiga kami  belajar dari pengalaman sebelumnya  untuk benar-benar memikirkan kembali keterlibatannya masyarakat dalam perpanjangan projek  ketiga ini . Alih-alih membantu untuk membangun ekstensi dengan mengajarkan proses desain dan bangunan, tim memutuskan untuk bekerja dengan mereka di sebuah sekolah untuk arsitektur,” mengajari mereka keterampilan yang diperlukan untuk mendekati pengembangan usaha arsitektur lanjut, tanpa perlu profesional kontrol langsung atau instruksi.

Sementara proyek-proyek ‘Escuela Esperanza’ dalam konteks yang cukup ekstrim , Al Borde membuat upaya bersama untuk menerapkan pelajaran yang telah dikumpulkan dari pengalaman formatif ini untuk proyek-proyek yang lebih berorientasi perkotaan .

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur ( Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2011 )

Esperanza Dos, Cabuyal, 2011

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur. ( Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2011 )

Esperanza Dos, Cabuyal, 2011

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur ( the house a fisherman named jimmy designed for his family )

The house a fisherman named Jimmy designed for his family.

Tim tidak sepenuhnya menganggap dirinya arsitek “Ketika kita menerima klien, kita tidak berpikir secara khusus tentang apakah proyek tersebut arsitektur atau tidak … kita berpikir tentang cara-cara hidup … Bisnis arsitektur sangat menarik, tapi sangat kecil dibandingkan dengan bisnis kehidupan ” menerima dedikasi tim untuk pendekatan yang fleksibel dan terbuka untuk proyek. serta metodologi yang memungkinkan untuk memperoleh solusi dalam skenario tak terduga.

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur ( Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2013 )

Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2013

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur ,( Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2013 )

Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2013

“Kami selalu siap untuk menghadapi hidup tanpa harapan dan tanpa rasa takut, tanpa harapan sukses dan tanpa takut untuk gagal,” kata Al Borde. Ini mengutip arsitek Brasil Oscar Niemeyer, yang menyarankan arsitek untuk diingat bahwa “hidup adalah lebih penting daripada arsitektur.” Sebagai Esteban menjelaskan, “Saya pikir itu adalah ide yang sangat penting bagi kami. Kami tidak studio arsitektur; kita adalah orang-orang yang bertanya-tanya tentang apa yang diperlukan dalam kehidupan dan apa yang diperlukan dalam masyarakat kita. Tapi Kami melakukan proyek yang kadang-kadang arsitektur, kadang-kadang dengan organisasi, kadang-kadang dengan seni jalanan, tapi, pada akhirnya, itu menyenangkan. “

Al Borde Arquitectos Berlatih Hidup Melalui Arsitektur, ( Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2009 )

Escuela Nueva Esperanza, Cabuyal 2009

sumber : architizer.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: